Ayo Bantu Bumi dengan Mengurangi Penggunaan Bahan Plastik

Sumber: gomedii (Jakartanews.com)

Penggunaan tempat makanan dan minuman dengan bahan plastik di Indonesia kian meningkat. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Asosiasi Industri Plastik Indonesia pada tahun 2019 bahwa sampah plastik di Indonesia mencapai sekitar 64 juta ton setiap tahunnya, dimana 3,2 juta ton sampah plastik tersebut dibuang ke laut. Sampah plastik yang berada di lautan dapat membahayakan biota laut. Salah satu sifat sampah plastik adalah sulit untuk terurai, dimana proses pengolahannya dapat menimbulkan toksik dan bersifat karsinogenik yaitu zat penyebab kanker. Selain merusak lingkungan, banyaknya sampah plastik juga dapat menganggu kinerja pariwisata di Indonesia.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi sampah plastik adalah memakai botol minum atau tumbler yang dapat digunakan berulang kali dan tidak mengisi ulang botol minum kemasan sekali pakai. Penggunaan botol plastik sekali pakai dapat membahayakan tubuh karena didalamnya terkandung zat kimia yang dapat meresap ke dalam makanan dan minuman. Disamping itu, logam berat yang biasa digunakan dalam pembuatan botol kemasan sekali pakai yaitu antinomy dapat tercampur dengan air minum jika digunakan berulang kali atau jika botol kemasan tersebut terkena suhu panas. Tercampurnya zat antinomy dengan air minum dapat mengakibatkan penyakit paru-paru, jantung, dan meningkatkan risiko terkena kanker paru.

Alternatif yang dapat Anda gunakan demi mencegah bahaya botol plastik adalah memakai tumbler berbahan dasar stainless steel. Stainless steel merupakan bahan yang dibuat dari campuran beberapa material dasar, yaitu silikon, mangan, nikel, karbon, dan kromium yang biasa dipakai pada peralatan masak dan makan. Banyak manfaat dari penggunaan botol minum atau tumbler berbahan dasar stainless steel, diantaranya: menjaga kesehatan tubuh karena bahan stainless steel sudah pasti BPA free, menjaga dan melestarikan lingkungan dengan mengurangi penggunaan botol plastik, dan dapat mempertahankan suhu air baik itu panas ataupun dingin. Meskipun harga botol atau tumbler stainless steel lebih mahal dibandingkan dengan botol plastik, namun tumbler berbahan stainless steel dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak. Sekarang Anda sudah memiliki gambaran untuk melangkah ke depan demi menyelamatkan diri Anda dan lingkungan dengan cara menggunakan tumbler stainless yang aman dan tahan lama, salah satunya adalah tumbler custom Bandung yaitu One It Tumbler yang memiliki design simple dan menarik. Selain itu, Anda dapat melakukan tumbler custom menggunakan foto atau desain Anda pribadi untuk dicetak pada One It Tumbler. Yuk pesan sekarang dengan mengisi link pemesanan atau dengan membeli melalui toko official One It Tumbler di Shopee dan Tokopedia.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai