Ini Loh 7 Manfaat Minuman Hangat Bagi Kesehatan Tubuh Kita!

Ilustrasi air hangat. Shutterstock/Shebeko

Manfaar Air Hangat untuk Tubuh – Halo sobat One It! Kamu mungkin pernah mendengar atau bahkan menerima nasihat mengenai pentingnya minum air yang cukup dalam sehari. Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan lebih dari 50% tubuh kita terdiri dari air. Sehingga tubuh membutuhkan banyak air sebagai bahan bakar agar organ vital bisa bekerja dengan baik. Minimal air yang harus dikonsumsi yaitu delapan gelas atau dua liter dalam sehari agar tubuh tidak dehidrasi.

Suhu air yang dikonsumsi dapat menentukan seberapa baik reaksinya kepada tubuh. Sekarang ini tidak sedikit orang yang memilih untuk minum air dingin daripada air hangat dengan alasan air dingin yang terasa lebih menyegarkan, namun faktanya minum air hangat memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan air dingin jika dikonsumsi secara rutin. Hayo sudahkah sobat sobat One It minum air hangat hari ini?

Suhu air hangat yang dianjurkan berada pada suhu 38 hingga 40 derajat celsius. Jangan sampai minum air panas dengan suhu di atas 48 derajat celsius ya sobat One It, nanti bisa berbahaya. Lebih baik untuk minum air hangat ketika selesai makan atau minum tiga sampai empat kali dalam seminggu secara rutin agar hasilnya bisa terlihat. Yuk simak beberapa manfaat dari mengonsumsi air hangat untuk kesehatan tubuh berikut ini.

7 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan tubuh khususnya pencernaan dan organ vital bisa didapatkan hanya dengan minum air hangat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Lalu apa saja sih manfaat dari mengonsumsi air hangat bagi kesehatan tubuh kita? Berikut penjelasannya.

  • Memperlancar kesehatan pencernaan

Minum air hangat mampu memperlancar pencernaan dibandingkan air dingin sebab di dalamnya terdapat efek vasodilator yang bisa memperlebar pembuluh darah dan merangsang aliran darah menuju usus. Selain itu, dengan minum air hangat maka organ pencernaan kita akan lebih terhidrasi serta dapat mengeliminasi sampah lebih cepat.

  • Meredakan gejala nyeri asam lambung

Selain memperlancar pencernaan, mengonsumsi air hangat juga berkhasiat untuk menetralkan asam lambung yang berlebih sebab air hangat dapat membunuh bakteri atau virus berbahaya yang ada di dalam lambung. Waktu yang baik untuk mengonsumsi air hangat adalah setelah makan.

  • Mengobati sinus

Biasanya saat pagi hari kita merasa kedinginan dan hidung akan tersumbat sehingga sulit untuk bernafas. Inilah mengapa minum air hangat di pagi hari dipercaya mampu melancarkan pernapasan dan membuat hidung terasa lebih plong. Menurut Dr. Nesochi Okeke-Igbokwe, suhu air yang lebih tinggi atau air hangat bisa mempercepat gerakan cairan sehingga lendir bisa mengalir dengan lebih mudah.

  • Membersihkan racun tubuh

Racun di dalam tubuh dapat dibersihkan dengan mengonsumsi air hangat secara rutin. Saat kita mengonsumsi air hangat, suhu tubuh akan meningkatkan dan sistem endokrin menjadi aktif, sehingga merangsang tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak keringat. Hal tersebut merupakan proses membersihkan racun dalam tubuh.

  • Menurunkan berat badan

Menurut Ahli Nutrisi, minum air hangat bermanfaat dalam membersihkan usus dan limbah dalam tubuh yang menyebabkan perut kembung dan kelebihan air dalam tubuh. Ahli Nutrisi Cara Walsh, RD juga menyarankan untuk memulai pagi hari dengan mengonsumsi air hangat dan lemon demi meningkatkan metabolisme tubuh yang akan membantu dalam menurunkan berat badan. Ini disebabkan air hangat dapat memecah lemak tubuh menjadi molekul-molekul, sehingga mempermudah sistem pencernaan untuk membakarnya.

  • Menyehatkan kulit

Air hangat memiliki banyak manfaat untuk kulit termasuk wajah. Hal itu disebabkan air hangat yang mendetoksifikasi tubuh dan membersihkan darah, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat, melembabkan kulit, menyegarkan dan mencerahkan kulit, dan menjaga kulit dari infeksi. Disamping rajin menggunakan skin products, yuk coba mendisiplinkan diri dengan mengonsumsi air hangat secara rutin demi kulit yang lebih sehat!

  • Baik untuk ibu hamil

Manfaat mengonsumsi air hangat dapat dirasakan oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Beberapa manfaat air hangat bagi ibu hamil diantaranya adalah mengurangi risiko infeksi dan virus, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, mengurangi masalah morning sickness dan heartburn (rasa panas pada dada), menenangkan pikiran, dan tekanan darah menjadi lebih terkendali.

Nah, itulah tujuah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan hanya mengonsumsi air hangat secara rutin. Oleh sebab itu, yuk sayangi diri kamu dengan mulai membiasakan diri mengonsumsi air hangat di berbagai aktivitas.

Bingung gimana caranya? Tenang, kamu bisa menggunakan One It Tumbler untuk memenuhi kebutuhan air hangat kamu. Tidak perlu khawatir suhu minuman menjadi cepat dingin karena One It Tumbler dapat menjaga suhu minuman hangat kamu lebih lama. Saat diisi dengan minuman panas, bagian luar tumbler tidak akan terasa panas serta tidak akan membentuk kondensi saat diisi minuman bersuhu rendah.

Sobat One It bisa membeli tumbler custom sesuai dengan desain keinginan kalian melalui website dan official store One It Tumbler di Shopee dan Tokopedia.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai